” Situs Kota Kapur ” Pulau Bangka

admin

kota kapur

Jelajah Susur Kota Kapur ” Situs Kota Kapur ” Pulau Bangka Dinamakan Kota Kapur, karna daerah ini dulunya kaya akan pohon Kapur. Kayu kapur diyakini sangat kuat namun ringan. Sifatnya yang mudah dibentuk dan liat menjadikannya pilihan terbaik untuk dibuat perahu, satu alat transportasi penting dimasa itu. Bicara sejarah Bangka, tak lengkap rasanya tanpa membahas Kota Kapur. Karena ditempat ini lah Prasasti yang terkenal itu ditemukan.

Dulunya, Kota Kapur dikelilingi Benteng. Dengan ketinggian hingga 3 meter, benteng ini memanjang dari utara hingga selatan sejauh 2.500 meter. Ditempat yg mempunyai tingkat kecuraman yg dalam, benteng ini berlapis dua. Namun yang agak aneh untuk ukuran saat ini adalah, benteng tersebut berada diluar pemukiman, menghadap ke darat. Artinya pemukiman Kota Kapur kala itu berada antara Laut dan Benteng. Sementara pada umumnya, benteng dibangun menghadap laut untuk menghalau para perompak atau serangan yang datang dari arah laut, kemudian baru dibelakang atau didalamnya dibangun pemukiman. Para peneliti memperkirakan yang menjadi musuh atau yang ditakuti penduduk Kota Kapur adalah orang daratan yang datang dari arah Penagan .


Berdasar analisa carbon dating, benteng ini diperkirakan sudah ada sejak tahun 532 M. Didalam benteng yang mempunyai area seluas 132 ha, pernah ditemukan reruntuhan Candi, Arca Wisnu, kepala patung Ares (Raja) dan peninggalan bersejarah lainnya. Hal ini mengarahkan bahwa dulunya ditempat ini telah berkembang ajaran Hindu pemuja Dewa Wisnu. Ketiga buah Candi yang ditemukan berada dalam jarak yang tidak begitu jauh, masih dalam area 40 x 60 m. Ketiganya mempunyai ukuran yang berbeda mulai dari 3,1 x 3,1 m – 4,6 x 4,6 m dan terakhir 5,6 x 5,6 m. (zonabangka.com)

Leave a Reply

Name*
Email*
Url
Your message*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>